Adegan Emosional Pada Film Ip Man 4

Adegan Emosional Pada Film Ip Man 4 – Film Ip Man 4: The Finale mulai tayang di seluruh jaringan bioskop yang ada di Indonesia pada Selasa, 31 Desember 2019. Karya garapan sutradara Wilson Yip ini berkisah mengenai petualangan Ip Man saat datang ke dunia barat demi membantu muridnya, Bruce Lee, yang mendapat diskriminasi rasial di sana.

Cerita bermula sewaktu Bruce Lee tiba-tiba menggemparkan komunitas seni bela diri di negeri paman Sam dengan membuka sekolah Wing Chun. Ia kemudian mendapat berbagai diskriminasi rasial di tanah kebebasan itu.

Bruce Lee sendiri yang adalah murid terbaik dari tokoh nyata grandmaster Wing Chun, Ip Man (Yip Man), kemudian berusaha mati-matian mempertahankan keberadaan sekolah bela diri yang ia bangun.

Sementara itu di Tiongkok, Ip Man yang sudah memasuki usia senja mendapat vonis kanker tenggorokan oleh dokter. Penyakit tersebut diidapnya sebab sang guru Wing Chun menjadi pecandu berat rokok sesuai ditinggal mati oleh istrinya. http://111.221.46.189/

Kebututan hidup tidak berhenti di situ, anak Ip Man justru menambah beban masalah dengan membuat ulah sehingga ia dan ayahnya terusir dari tempat tinggal mereka. Lantaran itu ayah dan anak tersebut kemudian pergi ke San Francisco untuk menemui Bruce Lee untuk membantu memajukan sekolah bela dirinya.

Adegan Emosional Pada Film Ip Man 4

Film Ip Man 4: The Finale menghadirkan aktor mumpuni seperti Donny Yen (berperan sebagai Yip Man), Danny Chan alias Kwok-Kwan Chan (Bruce Lee), Scott Adkins (Barton Geddes), Vanness Wu (Hartman), dan Chris Collins (Colin Frater).

Film yang di produseri oleh Raymond Wong ini diproduksi dengan anggaran yang terbilang cukup besar, yakni hingga mencapai sekitar HK $ 52 juta.

Film Ip Man 4: The Finale sempat kena boikot oleh sejumlah demonstran Hongkong usai dirilis pada 17 Desember 2019 lalu. Penolakan dilakukan lantaran sikap eksekutif produser Raymond Wong, aktor Donnie Yen dan Danny Chan yang diduga kuat berpihak kepada Beijing.

Melansir laman Hollywood Reporter, Raymond Wong diketahui sudah secara terang-terangan mengambil sikap pro-China dalam beberapa tahun terakhir. Sebelumnya, dia juga pernah mengorganisir dana untuk organisasi anti-Occupy Central pada 2014.

Ia juga pernah mengkritik secara vokal kemenangan film terbaik yang dipilih secara demokratis dari Ten Years di Hong Kong Film Awards 2015, dengan menyebut keputusan kemenangan tersebut sebagai ‘sebuah lelucon’ dan ‘kesalahan besar’.

Sementara Donny Yen, diketahui pernah bernyanyi bersama dalam satu panggung dengan Presiden China Xi Jinping di sebuah acara peringatan 20 tahun penyerahan Hong Kong pada 2017. Sedangkan Danny Chan yang adalah pemeran Bruce Lee dalam Ip-Man 4- kerap memprovokasi polisi untuk bertindak keras dan tidak percaya kepada demonstran melalui media sosialnya.

Ip Man 4: The Finale yang dibintangi oleh Donnie Yen masih tayang di bioskop Indonesia. Film yang mengisahkan mengenai petualang master Yip Man ke San Fransisco atas undangan Bruce Lee ini tayang sejak tanggal 20 Desember 2019.

Donnie Yen secara tegas mengumumkan kalau film Ip Man 4: The Finale akan menjadi film kung fu terakhirnya sebab kondisi fisik yang tak seprima dulu. Tak mengherankan, film IP Man 4 ini berhasil meraih keuntungan mencapai HK $1 miliar atau setara Rp1,7 triliun berdasarkan laporan media Hong Kong dilansir IntipSeleb dari Jaynestars pada Rabu, 15 Januari 2020.

Pencapaian tersebut menjadikan film Ip Man 4 sebagai film kung fu terlaris sepanjang masa di industri film China. Berdasarkan akun Twitter TGV Cinemas, film Ip Man 4 menjadi film Mandarin terlaris di Malaysia dengan memperoleh RM 35 juta di Malaysia atau setara Rp117 miliar.

Film yang disutradarai oleh Wilson Yip ini memang banyak mendapatkan kritik positif dengan nilai memuaskan. Atas pencapaian tersebut, Donnie Yen terlihat mengunggah video kocak di Instagram pribadinya.

Donnie Yen bahagia

Donnie Yen sudah memerankan karakter Master Yip sejak film Ip Man tayang perdana di tahun 2008 lalu. Aktor dengan usia 56 tahun ini mengaku mengerahkan kemampuan terbaiknya untuk menutup Ip Man 4 sebagai film kung fu terakhirnya.

Akan tetapi jangan sedih, penggemar masih bisa menikmasi aksi Donnie Yen dalam film laga. Salah satunya yang akan segera tayang berjudul Enter The Fat Dragon pada tanggal 23 Januari 2020 di hari libur Chinese New Year.

Nah, untuk merayakan pencapaian Ip Man 4, Donnie mengunggah video lucu saat menjadi karakter polisi gendut yang bernama Fallon Chu di film Enter The Fat Dragon. Dalam video yang diunggah pada tanggal 6 Januari 2020 itu, karakter Fallon berlari dengan tubuh gendutnya mencari karakter Master Yip Man untuk mengucapkan selamat.

“Master Yip, Ip Man 4 berhasil mencapai 900 juta dollar HK. Hei dimana kau?” ucapnya.

Tak menemukan Master Yip, Fallon melihat kayu yang dipakai untuk berlatih. Tiba-tiba dia melakukan gerakan wing chun seperti Master Yip. Tentu saja, selera humor Donnie Yen ini menjadi hiburan untuk para penggemar.

Adegan emosional inilah yang bikin kita makin lekat sama film ini. Soalnya, kalian akan diajak ikut merasakan perjalanan hidup yang dialami oleh Ip Man. Jika kalian memang penggemar berat seri ini, pasti setuju sama adegan-adegan emosional di bawah ini. Apa aja, sih, yuk, simak!

1. Pergi ke Rumah Sakit

Di awal adegan Ip Man 4, kalian bakal mengetahui satu fakta yang bikin kita bersimpati kepada Ip Man (Donnie Yen). Sang master saat itu pergi ke rumah sakit untuk memeriksa kesehatan tubuhnya. Ternyata, sang master Wing Chun mendapat kabar buruk dari dokter kalau dia mengidap penyakit kanker.

Mendapat kabar tersebut, dia merahasiakan penyakit ini kepada anaknya, Ip Jin. Adegan ini menjadi pembuka yang penuh emosional, mengingat Ip Man akan melakukan perjalan ke Amerika untuk mencari kehidupan yang lebih baik untuk anaknya.

2. Menampar Anaknya

Setelah kematian istrinya, Ip Man menjadi seorang duda dan harus menerima kenyataan bahwa hubungan dengan Ip Jin kian berjarak. Pasalnya, Ip Jin ingin berhenti sekolah dan mendalami ilmu bela diri Wing Chun. Kemudian, Ip Man yang mengetahui hal ini, melarangnya dan menyuruhnya untuk tetap sekolah.

Ternyata perbedaan pemikiran antara Ip Jin dan ayahnya ini menghasilkan perdebatan yang emosional. Konflik ini membuat sang master harus menampar pipi anaknya. Ip Jin yang merasa kesal pun pergi meninggalkan rumah.

Adegan Emosional Pada Film Ip Man 4 1

3. Boneka Kayu di Bakar

Ketika Bruce Lee mengajarkan ilmu bela diri Tiongkok kepada orang Amerika, konflik pun terjadi antara orang Tiongkok dengan orang Amerika. Salah satunya, murid Lee bernama Hartman (Vanness Wu) yang bergabung dalam tentara Angkatan Darat Amerika, didiskriminasi karena visinya yang ingin menerapkan ilmu bela diri Wing Chun di dalamnya.

Dengan rasa percaya diri yang tinggi, Hartman membawa boneka kayu ke markas besar Angkatan Darat Amerika. Yap, dengan membawa benda aneh yang belum pernah dilihat oleh orang Amerika, Sersan Barton Geddes (Scott Adkins) langsung merendahkan ilmu bela diri Tiongkok. Lebih parahnya, benda antik ini dibakar di depan mata Hartman.

4. Yonah Berlutut

Salah satu adegan paling emosional dalam film ini adalah ketika Yonah (Vanda Magraf) berlutut sambil meminta pengampunan kepada petugas imigrasi karena ayahnya, Wu Yen (Wan Zhonghua) akan dimasukan ke penjara.

Dengan berlutut dihadapan orang Amerika ini, Wu Yen merasa kesal dan meminta Yonah berdiri untuk menjaga martabat orang Tiongkok. Ketika adegan ini berlangsung, penonton dibuat haru untuk melihat adegan ayah dan anak tersebut

5. Menelepon Ip Jin

Nah, adegan ini dijamin bikin air mata menetes. Pas Ip Man lagi di Amerika, dia berusaha untuk memperbaiki hubungannya dengan Ip Jin melalui telepon. Sayangnya, sang anak masih marah kepada ayahnya dan enggak mau berbicara dengannya. Mengingat, anaknya belum mengetahui kalau ayahnya sedang mengadu nasib di negara lain sambil melawan penyakit kanker.

Namun, pada akhirnya Ip Jin menerima teleponnya karena mengetahui ayahnya mengidap penyakit kanker dari Bob (Kent Cheng). Mengetahui ayahnya terserang penyakit kanker, Ip Jin langsung meminta maaf kepada Ip Man atas perbuatan dan perkataannya.